Senin, 14 Mei 2012

Early Childhood Education


ANAK. Satu kata penuh makna *tsaah~ iya bener kan? Anak itu adalah sebuah anugerah terindah yang diberikan sama Allah. Anak akan melengkapi kebahagian dari pasangan suami-istri. Anak membawa kebahagian di dalam sebuah keluarga. Pokoknya ga akan ada habisnya  membahas tentang anak. Aku sangat tertarik dengan dunia anak. Mulai dari bertemunya sel sperma dan sel telur, masa kehamilan, proses kelahiran, hingga pertumbuhan dan perkembangannya.

Selasa, 17 April 2012

wanna say hello

Hello everyone! haduh sudah lama banget ini ngga ngepost blog. bentar, bentar..aku sapuin dulu ini debu-debunya di lantai, aduh banyak sarang laba-laba lagi *apadeh* haha abaikan. kenapa ya kemaren-kemaren males banget nulis blog? padahal banyak banget yang pengen di tulis cuma kepengennya apa yang ada di pikiran ini langsung gitu ketulis sendiri haha pengennya cuma mikir terus ketulis sendiri :3
padahal kalo lagi browsing aku sempetin kok buka blogku udah nulis judul udah dapet bahan tinggal di kembangin aja cuma yaituuuu males -_- mudahaan aku bisa jadi lebih rajin nulis yaa. ayooo vu keep writing! ^^

Senin, 05 Maret 2012

just share: "Alasan Kenapa Kesepian Bikin Orang Cepat Mati"

San Diego, Kesepian dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Kesepian menyebabkan berbagai efek negatif di dalam tubuh manusia. Untungnya, dengan melakukan aktifitas dan kontak sosial, beberapa efek buruk tersebut dapat dihilangkan.

John Cacioppo, psikolog dari Universitas Chicago yang mempelajari efek kesepian, mempresentasikan penelitian terbarunya dalam pertemuan Social Psychology and Perception di San Diego. Cacioppo menemukan bahwa kesepian terkait dengan pengerasan pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah tinggi, peradangan, bahkan gangguan belajar dan mengingat.

"Bahkan, lalat buah yang terisolasi memiliki kondisi kesehatan yang buruk dan lebih cepat mati dibandingkan lalat buah yang berinteraksi dengan lalat lain. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan sosial mungkin telah terprogram dalam semua spesies," kata Cacioppo seperti dilansir LiveScience, Senin (5/3/2012).

Dalam sebuah penelitian, Cacioppo dan Steve Cole dari UCLA meneliti bagaimana sistem kekebalan tubuh berubah dari waktu ke waktu pada orang yang terisolasi secara sosial. Mereka mengamati perubahan gen yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh orang yang kesepian. Gen pada individu-individu kesepian ternyata banyak terlibat dalam aktivasi sistem imun dan peradangan.

Beberapa gen penting dalam tubuh juga tidak aktif pada orang yang kesepian, misalnya gen-gen yang penting dalam merespon antivirus dan memproduksi antibodi. Intinya, tubuh orang yang kesepian telah membiarkan pertahanan tubuhnya melemah dari serangan virus dan penyakit lainnya.

Sistem kekebalan tubuh harus membuat keputusan antara memerangi ancaman virus dan melindungi tubuh dari serangan bakteri karena memiliki kemampuan bertempur. Pada orang kesepian yang melihat dunia sebagai tempat yang mengancam, sistem kekebalan tubuh lebih memilih untuk fokus pada bakteri daripada ancaman virus.

Tanpa perlindungan antivirus dan antibodi, kemampuan tubuh untuk melawan kanker dan penyakit lainnya juga akan berkurang. Orang yang terisolasi secara sosial lebih tinggi kemungkinannya menderita berbagai penyakit penyebab kematian, kanker, infeksi dan penyakit jantung.

Kesepian juga meningkatkan kadar hormon stres kortisol, juga sirkulasi dan tekanan darah. Suatu penelitian menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat mendorong tekanan darah ke dalam zona bahaya serangan jantung dan stroke. Kondisi ini melemahkan pengaturan sistem peredaran darah sehingga otot jantung bekerja lebih keras dan pembuluh darah mengalami kerusakan akibat tekanan aliran darah.

Kesepian juga dapat merusak kualitas tidur, sehingga tidur menjadi kurang terasa menyegarkan, baik fisik maupun psikologis. Orang yang terisolasi secara sosial lebih sering terjaga di malam hari dan lebih sedikit memiliki jam tidur yang benar-benar berkualitas.

Siklus yang diciptakan oleh kondisi kesepian bisa menjadi spiral. Penelitian lain yang dilakukan oleh Cacioppo menemukan bahwa orang kesepian cenderung menilai interaksi sosialnya lebih negatif dan memiliki kesan buruk pada orang yang telah ditemui.

"Sama seperti ancaman fisik, kesepian melindungi tubuh secara sosial. Hal ini memungkinkan kita tahu kapankah hubungan sosial mulai merenggang, dan menyebabkan otak terus waspada terhadap ancaman sosial. Menjadi kesepian dapat menghasilkan perilaku negatif, orang yang sangat kesepian melihat orang lain sebagai ancaman dan memungkinkannya jatuh lebih dalam ke dalam kesepian," kata Cacioppo.

Kesepian tak hanya membuat orang merasa tidak bahagia, tetapi juga membuat orang menjadi merasa tidak aman secara mental dan fisik. Kesepian sering dialami oleh orang yang merasa ditinggalkan untuk beberapa waktu, baik karena pindah ke kota lain atau memulai sekolah atau kuliah di tempat yang baru.

Biasanya, rasa kesepian mereda dengan sendirinya dalam waktu enam bulan. Untuk mengobati orang yang merasa terisolasi secara kronis, diperlukan terapi psikologis. Cacioppo dan rekannya menemukan dua cara terbaik untuk mengobati kesepian, yaitu memberikan pelatihan keterampilan sosial yang dibutuhkan untuk melihat dunia dalam cara yang lebih positif dan melakukan aktifitas bersama-sama.


Selasa, 10 Januari 2012

500 days of summer

(500) Days of Summer is a 2009 comedy drama film.
"It's not a love story, it's a story about love." An offbeat romantic comedy about a woman who doesn't believe true love exists, and the young man who falls for her. Stars: Zooey Deschanel and Joseph Gordon-Levitt. 

5 things you don't know about Domo

Senin, 09 Januari 2012

BALIKPAPAN I'M COMING!

some people called this with: galau

pernah ga kamu ngerasain sesuatu yang kamu ga ngerti trus kamu gatau kenapa?
iya pernah! sering banget malah. dan you know...sekarang aku lagi ngerasain kayak gitu. kenapa ya? ga jelaaaas. random. pokoknya butuh seseorang buat nemenin ngobrol. berarti kesepian ya? ah engga. perasaan ade aja itu~ hmm
aku pernah denger orang bilang gini, "Jangan kebanyakan  ketawa ntar nangis loh" dan aku percaya itu. awalnya sih ngga percaya tapi pada kenyataannya emang begitu. senang dan sedih itu beda tipis. 
4hari kemaren aku seneng-seneng mulu, ketawa-ketawa. dan sekarang jadi sedih, bete, ga jelas! iya aku emang ga jelas! :(
pengen sholat biar hati adem. tapi lagi dapet dispen dari Allah. pengen ngobrol sama sahabat-sahabat aku. tapi...emm mungkin aku butuh waktu buat sendiri. aku tau kok gmana cara balikkin mood aku. I wish sih :')

Minggu, 08 Januari 2012

"Kalo kita pengen orang itu berubah, kita mesti ngerubah kita dulu baru ntar dia ikut berubah. Kalo kita nuntut dia buat berubah yang ada kita bakalan kecewa. Tapi kalo kita udah berubah dianya ga berubah itu tandanya.....dia gatau diri"
 inspirated from nidya

Kamis, 05 Januari 2012